Senin, 03 September 2012

konsep dasar


Konsep Anak Usia Sekolah
1 Definisi
a.     Anak merupakan bagian atau anggota keluarga, sering di katakana sebagai potret atau gambar dari orang tuanya saat masih kecil. Namun tidak demikian, karena anak merupakan individu tersendiri yang tumbuh dan berkembang secara unik dan tidak dapat diulang setelah usianya bertambah. (A Aziz Alimul Hidayat : 2005)

b.     Anak usia sekolah dapat disebut sebagai akhir masa kanak-kanak sejak usia 6 tahun atau masuk sekolah dasar kelas satu, ditandai oleh kondisi yang sangat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial anak. (Elizabeth B. Hurlock : 1994)

2 Ciri-ciri Akhir Masa Kanak-kanak
a.     label yang digunakan oleh orang tua
·       usia yang menyulitkan
·       Usia tidak rapi
·       Usia bertengkar

b.     label yang digunakan pendidik / guru
·       Usia sekolah dasar
·       Periode kritis dalam berprestasi

c.      label yang digunakan oleh ahli psikologi
·        Usia kelompok
·        Usia penyesuian diri
·        Usia krestif
·        Usia bermain  (Elizabeth B. Hurlock : 1994)

3 Perkembangan Akhir Masa Kanak-kanak
Ø Tugas perkembangan akhir masa kanak-kanak
a.    Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum.
b.   Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makluk yang sedang tumbuh.
c.    Belajar menyesuaikan diri dengan teman-temannya.
d.   Mulai mengembangkan peran sosial laki-laki dan perempuan yang tepat
e.    Mengembangkan ketrampilan dasar untuk membaca, menulis dan menghitung.
f.     Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.
g.    Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan tingkatan nilai
h.   Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
i.      Mencapai kebebasan pribadi. (Elizabeth B. Hurlock : 1994)

4 Perkembangan Usia Sekolah
a.     Perkembangan biologis
b.     Perkembangan Psikososial
c.      Temperamen
d.     Perkembangan kognitif
e.      Perkembangan moral
f.       Perkembangan spiritual
g.     Perkembangan bahasa
h.     Perkembangan sosial
i.       Perkembangan seksual
j.       perkembangan konsep diri (Donna L. Wong : 2009)

5 Masalah Anak Usia sekolah
Masalah yang sering terjadi pada anak usia sekolah, yaitu :
Ø Bahaya fisik
a.     penyakit
b.     kegemukan
c.      keserdahanaan
d.     kecelakaan

Ø Bahaya psikologis
a.    bahaya dalam berbicara
b.   bahaya emosi
c.    bahaya bermain
d.   bahaya dalam konsep diri
e.    bahaya moral (Donna L. Wong : 2009)

6 Peningkatan Kesehatan yang Optimal Selama Masa Sekolah
a.     Nutrisi
Walaupun kebutuhan kalori berkurang namun sumber-simber kalori telah ditetapkan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan pertumbuhan pada masa remaja.

b.     Tidur dan istirahat
Jumlah kebutuhan tidur dan istirahat selama masa kanak-kanak pertengahan sangat individual. Tidak ada jumlah waktu khusus untuk istirahat dan tidur yang dibutuhkan anak-anak pada setiap tingkatan usia. Sebaliknya, jumlah kebutuhan istirahat dan tidur tergantung pada usia anak, tingkat aktivitas, dan factor-faktor lainnya seperti status kesehatan.

c.      Latihan fisik dan aktivitas
Peningkatan kapabilitas dan kemampuan beradaptasi pada anak usia sekolah memungkinkan kecepatan dan upaya aktivitas motorik lebih besar, otot-otot yang lebih kuat dan lebih besar memungkinkan permainan yang lebih berat dapat berlangsung lebih lama dan meningkat.

d.     Kesehatan gigi
Gigi permanent muncul selama masa usia sekolah, kebersihan gigi yang baik dan perhatian yang rutin terhadap adanya karies gigi merupakan bagian dari supervisi kesehatan yang penting selama periode. Teknik penggosokan gigi yang benar harus diajarkan atau dikuatkan kembali. Dan karbohidrat yang terfermentasi berperan penting dalam menyebabkan gigi berlubang.(Donna L Wong : 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar