Konsep Anak Usia Sekolah
1 Definisi
a. Anak merupakan bagian atau anggota
keluarga, sering di katakana sebagai potret atau gambar dari orang tuanya saat
masih kecil. Namun tidak demikian, karena anak merupakan individu tersendiri
yang tumbuh dan berkembang secara unik dan tidak dapat diulang setelah usianya
bertambah. (A Aziz Alimul Hidayat : 2005)
b. Anak usia sekolah dapat disebut
sebagai akhir masa kanak-kanak sejak usia 6 tahun atau masuk sekolah dasar
kelas satu, ditandai oleh kondisi yang sangat mempengaruhi penyesuaian pribadi
dan penyesuaian sosial anak. (Elizabeth B. Hurlock : 1994)
2 Ciri-ciri Akhir Masa Kanak-kanak
a. label yang digunakan oleh orang tua
· usia yang menyulitkan
· Usia tidak rapi
· Usia bertengkar
b. label yang digunakan pendidik / guru
· Usia sekolah dasar
· Periode kritis dalam berprestasi
c. label yang digunakan oleh ahli
psikologi
·
Usia
kelompok
·
Usia
penyesuian diri
·
Usia
krestif
·
Usia
bermain (Elizabeth B. Hurlock : 1994)
3 Perkembangan Akhir Masa Kanak-kanak
Ø Tugas perkembangan akhir masa
kanak-kanak
a. Mempelajari ketrampilan fisik yang
diperlukan untuk permainan-permainan yang umum.
b. Membangun sikap yang sehat mengenai
diri sendiri sebagai makluk yang sedang tumbuh.
c. Belajar menyesuaikan diri dengan
teman-temannya.
d. Mulai mengembangkan peran sosial
laki-laki dan perempuan yang tepat
e. Mengembangkan ketrampilan dasar untuk
membaca, menulis dan menghitung.
f. Mengembangkan pengertian-pengertian
yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.
g. Mengembangkan hati nurani, pengertian
moral, dan tingkatan nilai
h. Mengembangkan sikap terhadap
kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
i. Mencapai kebebasan pribadi.
(Elizabeth B. Hurlock : 1994)
4 Perkembangan Usia Sekolah
a. Perkembangan biologis
b. Perkembangan Psikososial
c. Temperamen
d. Perkembangan kognitif
e. Perkembangan moral
f. Perkembangan spiritual
g. Perkembangan bahasa
h. Perkembangan sosial
i. Perkembangan seksual
j. perkembangan konsep diri (Donna L.
Wong : 2009)
5 Masalah Anak Usia sekolah
Masalah yang sering terjadi pada anak
usia sekolah, yaitu :
Ø Bahaya fisik
a. penyakit
b. kegemukan
c. keserdahanaan
d. kecelakaan
Ø Bahaya psikologis
a. bahaya dalam berbicara
b. bahaya emosi
c. bahaya bermain
d. bahaya dalam konsep diri
e. bahaya moral (Donna L. Wong : 2009)
6 Peningkatan Kesehatan yang Optimal Selama Masa Sekolah
a. Nutrisi
Walaupun kebutuhan kalori
berkurang namun sumber-simber kalori telah ditetapkan untuk memenuhi
peningkatan kebutuhan pertumbuhan pada masa remaja.
b. Tidur dan istirahat
Jumlah kebutuhan tidur dan
istirahat selama masa kanak-kanak pertengahan sangat individual. Tidak ada
jumlah waktu khusus untuk istirahat dan tidur yang dibutuhkan anak-anak pada
setiap tingkatan usia. Sebaliknya, jumlah kebutuhan istirahat dan tidur
tergantung pada usia anak, tingkat aktivitas, dan factor-faktor lainnya seperti
status kesehatan.
c. Latihan fisik dan aktivitas
Peningkatan kapabilitas
dan kemampuan beradaptasi pada anak usia sekolah memungkinkan kecepatan dan
upaya aktivitas motorik lebih besar, otot-otot yang lebih kuat dan lebih besar
memungkinkan permainan yang lebih berat dapat berlangsung lebih lama dan
meningkat.
d. Kesehatan gigi
Gigi permanent muncul
selama masa usia sekolah, kebersihan gigi yang baik dan perhatian yang rutin
terhadap adanya karies gigi merupakan bagian dari supervisi kesehatan yang
penting selama periode. Teknik penggosokan gigi yang benar harus diajarkan atau
dikuatkan kembali. Dan karbohidrat yang terfermentasi berperan penting dalam
menyebabkan gigi berlubang.(Donna L Wong : 2009)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar